OUTLOCK INDEX

MDT_HSI H1 [20150207]
Gambar 2. Lanjutan Outlock 1 (23 Januari 2015)
(klik gambar untuk memperbesar)

outlock index 150119

Gambar 1. Outlock 1 (19 Januari 2015)
(klik gambar untuk memperbesar)

OUTLOCK INDEX 23 Januari 2015

Oleh : Wudhy SHW (Direktur LP2BI)

   Perhatikan secara seksama grafik uptrend Index Hangseng di atas dengan menggunakan indikator ichimoku kinko hyo beserta degan dua trend line-nya pada jangka periode 1 jam. Bahwa pada rentang periode  1 jam dapat kita lihat indeks Hangseng sedang mencoba naik di periode untuk menguji zona resistensi pertama yang sangat ekstrim dan ini dimulai dari tanggal 2 Januari 2015 -16 Juni 2015. Untuk tahap pertama dan ditunjukkan oleh garis trend line 1  yang menghubungkan titik tertinggi dari posisi 22737 sampai dengan 24160 atau dengan resistensi ekstrim yang kedua, dari indikator ichimoku kinko hyo juga menyatakan posisi ekstrim off level kedua.

    Untuk tahap kedua perhatikan gambar kedua beserta indikatornya (lihat gambar 2) juga periode waktu 1 jam. Indeks Hangseng mencoba ke level yang lebih tinggi lagi atau yang disebut Ekstrim Maksimum beserta titik baliknya, yang sedang menguji zona Resistensi Maksimum ke tiga dimulai pada tanggal 20 Januari 2015 dan ditunjukkan pula dengan trend line 2 yang menghubungkan titik terendah dari posisi 23705 samapai dengan 24828 atau dengan Resistensi Esktrim ke empada dari indikator ichimoku kinko hyo juga menyatakan potensi Ekstrim off level ke empat.

    Coba perhatikan, harga sedang menuju wilayah balik arah antar zona pada grafik periode 1 jam namun pada kenyataannya komponen yang terdapat pada indicator ichimoku kinko hyo seperti menunjukkan akhir uptrend. Coba perhatikan gambar komponen jalur hijau dan komponen jalur biru sudah saling berpotongan dan saling melewati, bahwa harga indeks hangseng akan mengambil sinyal jual dari area resistensi psikologis indeks hangseng, selain itu harga turun di bawah rata-rata bergerak di bawah grafik warna biru, yang artinya bahwa downtrend bisa dalam wilayah kodomain, grafik merah juga mengarah ke bawah yang menunjukkan trend up ending.